Selasa, 16 Jul 2024
  • Home
  • Nasional
  • Presiden Jokowi Tiba di Tanah Air Usai Lawatan ke AS dan Arab Saudi

Presiden Jokowi Tiba di Tanah Air Usai Lawatan ke AS dan Arab Saudi

Administrator Minggu, 19 November 2023 17:06 WIB

Presiden Jokowi dan Presiden Erdogan saat  KTT Luar Biasa OKI yang digelar di Riyadh, Kerajaan Arab Saudi.


NASIONAL, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Tanah Air usai lawatan ke Arab Saudi dan Amerika Serikat (AS). Jokowi disambut sejumlah pejabat saat turun dari pesawat.

Berdasarkan keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Ahad (19/11/2023), pesawat yang membawa Jokowi beserta rombongan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, sekitar pukul 03.10 WIB.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan dari San Francisco, Amerika Serikat, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Plh Deputi Bidang Protokol, Pers, serta Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana.

Di bawah tangga pesawat, Jokowi disambut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar. Jokowi tiba di Tanah Air setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 21 jam dari San Francisco, Amerika Serikat.

Sebelum tiba di Tanah Air, Jokowi beserta rombongan terlebih dahulu transit di Bandar Udara Internasional Haneda, Tokyo, Jepang, pada Sabtu, 18 November 2023, sekitar pukul 20.20 waktu setempat (WS) atau 18.20 WIB. Sekitar dua jam transit untuk menunggu pengisian bahan bakar pesawat, Jokowi kemudian melanjutkan penerbangan menuju Indonesia.

Dalam kunjungannya, Jokowi telah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang digelar di Riyadh, Kerajaan Arab Saudi, pada Sabtu (11/11). Dalam KTT Luar Biasa OKI, Jokowi mendorong OKI untuk bersatu dan berada di garda depan untuk menyelesaikan krisis di Gaza, Palestina.

Pesan mengenai keadilan dan kemanusiaan bagi rakyat Palestina juga disampaikan oleh Jokowi kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan kedua pemimpin negara itu yang digelar di Gedung Putih, Washington, DC, Amerika Serikat, pada Senin (13/11).

"Saya sangat berharap AS dapat tunjukkan kepemimpinannya dan berada di garis depan untuk membela keadilan dan kemanusiaan bagi bangsa Palestina, bagi perdamaian dan kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution," kata Jokowi ke Presiden Biden.

Hal serupa juga disampaikan Jokowi ke para pemimpin ekonomi dalam KTT APEC di San Francisco, Amerika Serikat, pada Jumat (17/11). Jokowi mendesak para pemimpin APEC menghentikan perang, menyegerakan gencatan senjata, dan memastikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat Gaza dapat dikirimkan tanpa hambatan. sc:https://apps.detik.com/detik/
T#gs
Berita Terkait
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments