Minggu, 29 Des 2024
  • Home
  • business
  • Lebih dari 3.500 Peserta Berkumpul di Digital Entertainment Leadership Forum 2024

Lebih dari 3.500 Peserta Berkumpul di Digital Entertainment Leadership Forum 2024

Administrator Kamis, 22 Agustus 2024 23:42 WIB

HONG KONG SAR - Acara tahunan Digital Entertainment Leadership Forum 2024 (DELF) yang diselenggarakan oleh Cyberport berakhir dengan sukses di Cyberport kemarin. Acara tiga hari ini mencakup berbagai program termasuk forum industri, zona pengalaman, lokakarya dan kompetisi, menarik lebih dari 3.500 peserta lokal dan luar negeri, dengan total lebih dari 280.000 penayangan.

Berfokus pada tema "Taman Hiburan Imajiner: Kecerdasan Buatan Mendorong Inovasi Hiburan Web 3.0", forum ini mempertemukan lebih dari 60 pemimpin industri internasional dan lokal serta pembicara antarbintang untuk mendiskusikan teknologi AI dan Web 3.0 dengan industri guna membentuk potensi transformatif dunia digital di masa depan, serta pengembangan di bidang seni, pendidikan, olah raga, kehidupan dan bidang lainnya.

Terdapat hampir 50 pengalaman interaktif di lokasi, yang berpusat pada empat tema yaitu "Kehidupan Cerdas", "Teknologi Robotika", "Olahraga dan Permainan" dan "Seni dan Budaya", yang menarik orang-orang dari segala usia untuk merasakan kombinasi teknologi digital, hiburan dan kehidupan cerdas. Acara ini juga memiliki sejumlah lokakarya bertema yang terbuka untuk umum, mendorong masyarakat untuk mengeksplorasi dan mempelajari penulisan skrip AI, pencampuran musik, pemrograman robot, dan pengalaman simulasi mengemudi penerbangan dan pengoperasian drone.

Cyberport didedikasikan untuk memupuk bakat teknologi, dan salah satu sorotan utama dari DELF tahun ini adalah AI Everywhere Robotics Esports Invitational 2024, yang diselenggarakan oleh University of Hong Kong, Intel, dan CETIC. Robot-robot yang ada di lapangan semuanya dirakit dan diprogram oleh para mahasiswa sendiri, sehingga robot-robot tersebut dapat mendemonstrasikan "gerak kaki" mereka di lapangan kompetisi. Pada saat yang sama, pertunjukan terbang bergerombol drone yang diprogram oleh para siswa, memamerkan hasil kreatifitas anak muda dalam mempelajari pemrograman bergerombol, serta merancang formasi dan pola penerbangan.

Acara ini juga menawarkan pengalaman yang imersif, termasuk eksplorasi Katedral Notre-Dame di Paris yang didukung oleh VR, game olahraga "Dynamic Martial World," game latihan olahraga "REZZIL SKILLSHOT", game simulasi balap "Rev to Vertex", pengalaman penerbangan virtual "ICAROS Home", pengalaman budaya "The Van Gogh DigiVillage", dan petualangan AR "Mystic Metal Mystery", dan masih banyak lagi.

Kegiatan yang menyenangkan dan interaktif ini memberikan kesempatan kepada publik untuk membenamkan diri dalam dunia virtual yang diciptakan oleh Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang aplikasi praktis dari teknologi inovatif di sektor hiburan.

"Sebagai unggulan teknologi digital Hong Kong, Cyberport berkomitmen untuk menyuntikkan dorongan baru ke dalam pengembangan ekonomi digital dan kota pintar melalui inovasi dan teknologi. Cyberport telah berhasil menyelenggarakan 17 edisi Forum Kepemimpinan Hiburan Digital internasional, yang bertujuan untuk mendorong pengembangan inovatif industri hiburan digital dan kehidupan cerdas," Dr Rocky Cheng, CEO Cyberport.

"Forum tahun ini terus mempertemukan para pemimpin industri untuk mendiskusikan bagaimana memanfaatkan potensi Web 3.0 dan peluang besar yang dibawa oleh AI, dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu. Kami senang melihat dukungan dari industri dan komunitas, yang telah datang untuk mengeksplorasi berbagai aplikasi dan menikmati kombinasi teknologi inovatif dengan hiburan digital," jelasnya.

Warren Cho, World Wide Azure Gaming Vertical Leader di Microsoft, menyatakan dalam pidato utamanya mengenai dampak mendalam dari AI pada industri game dan hiburan. "Bagaimana kita bisa bersaing jika Anda adalah pengembang game skala menengah atau indie? Itu sangat sulit. Namun berkat AI, kini pengembangan game menjadi lebih demokratis. Sekarang Anda bisa mendapatkan seperangkat alat dan dukungan yang serupa dengan yang dimiliki studio besar."

Dalam forum di jalur paralel, Dr Peter Ng, Asisten Profesor di Departemen Ilmu Komputasi dan Rehabilitasi di The Hong Kong Polytechnic University, mengatakan, "Pengembangan bakat adalah kunci kemajuan teknologi. Di DELF 2024, kami berkesempatan untuk terlibat dengan para talenta teknologi dan demonstrasi teknologi yang inovatif. PolyU telah diakui sebagai Universitas Terbaik untuk Blockchain di dunia. Pendekatan pengajaran kami menekankan pada pembelajaran praktis, menumbuhkan pemikiran inovatif mahasiswa untuk memupuk lebih banyak bakat untuk industri teknologi Web3.0."

Berbagai peserta pameran dengan teknologi mutakhir telah berkumpul di Zona Pengalaman DELF 2024. Di antara mereka, Felix Shang, Direktur Asia-Pasifik di Unitree Robotics, mengatakan, "DELF memberi kami platform interaktif yang ideal, yang memungkinkan publik untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang potensi aplikasi teknologi robotika AI di berbagai industri. Selain itu, acara ini juga memberikan kami kesempatan berharga untuk berekspansi ke pasar internasional, yang semakin meningkatkan pengaruh merek kami."

Selain itu, Edward Eremyan, CEO & Pendiri, TELEPORT Immersive Limited mengatakan, "Sebagai perusahaan rintisan di Cyberport, berpartisipasi dalam DELF memungkinkan kami untuk terlibat dengan banyak rekan-rekan industri, menjajaki peluang bisnis di berbagai sektor. Selain itu, hal ini memungkinkan kami untuk secara langsung memamerkan hasil penggabungan AI dengan seni kepada publik, memberikan pengalaman inovatif dan memperdalam pemahaman masyarakat tentang potensi pengembangan AI.

DELF tahun ini melanjutkan kegiatan "Play-to-Earn" dari tahun-tahun sebelumnya, di mana masyarakat dapat menukarkan lebih dari 300 hadiah menarik dengan poin yang mereka dapatkan setelah menyelesaikan tugas-tugas di 30 stan pengalaman hiburan digital. Hadiah-hadiah ini termasuk laptop gaming, kamera, speaker, konsol game, tiket bioskop, serta voucher makan dan rekreasi, sehingga para peserta dapat belajar sambil bersenang-senang dan mengeksplorasi teknologi baru.

Pada saat yang sama, DELF 2024 menyelenggarakan "Elderly eSport Tournament & Experience Day". Cyberport telah menyelenggarakan kegiatan pengalaman e-sport untuk para lansia sejak tahun 2018, dengan tujuan mendorong para lansia untuk berpartisipasi dalam e-sport, meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka, serta mempromosikan interaksi antargenerasi. Upacara "NEXX Digital Entertainment Leader Awards" diadakan pada hari penutupan DELF 2024. Penghargaan ini memberikan pengakuan kepada para pembuat konten luar biasa yang telah berhasil memanfaatkan inovasi dan kreativitas AI di berbagai bidang seperti AIGC, media interaktif, teknologi imersif, konten digital, game, seni digital, dan musik.

Keterangan Foto: DELF 2024 menghadirkan lebih dari 60 pemimpin industri dan pembicara ternama, termasuk Warren Cho, World Wide Azure Gaming Vertical Leader di Microsoft, dan Dr Peter Ng, Asisten Profesor Departemen Ilmu Komputasi dan Rehabilitasi di Hong Kong Polytechnic University.
T#gs
Berita Terkait
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments