Selasa, 16 Jul 2024
  • Home
  • Serbaserbi
  • Kamu Bingung? Jangan Kaget Tampilan WhatsApp Berubah, Ini Penyebabnya

Kamu Bingung? Jangan Kaget Tampilan WhatsApp Berubah, Ini Penyebabnya

Administrator Jumat, 22 Maret 2024 14:18 WIB

TEKNO, - Sejumlah pengguna geger dengan tampilan baru WhatsApp (WA) yang mendadak berubah dari tampilan sebelumnya. Hal ini juga banyak dialami oleh pengguna WhatsApp di Indonesia, khususnya untuk WhatsApp versi Android.

Perubahan tampilan WhatsApp utamanya terjadi pada tata letak bar menu utama aplikasi. Sebelumnya, bar menu WhatsApp ditempatkan di atas daftar obrolan. Sekarang, sebagian pengguna mendapati bar menu itu diposisikan di bawah obrolan.

Konsep itu mirip seperti WhatsApp versi iOS. Sebab, WA versi iOS juga dilengkapi bar menu di bawah daftar obrolan.

Pengguna yang mendapati perubahan tampilan WhatsApp tidak perlu kaget. Sebab, perubahan itu memang dilakukan resmi pihak WhatsApp untuk aplikasi WA versi Android.

Menurut penjelasan WhatsApp, perubahan tampilan itu ditujukan agar memudahkan pengguna mengakses menu.
"Tab (menu) yang sebelumnya berada di bagian atas layar Anda, kini berada di bawah agar lebih mudah diakses," demikian keterangan pihak WhatsApp, dikutip dari laman Pusat Bantuan WhatsApp.

Perubahan tampilan itu akan terjadi bila pengguna menginstal pembaruan WhatsApp. Adapun pembaruannya digulirkan WhatsApp ke pengguna secara bertahap sejak sekitar pertengahan tahun lalu.

KompasTekno saat ini juga sudah kebagian tampilan baru WhatsApp Android, antara lain pada aplikasi versi 2.24.5.76 serta WA Android beta versi 2.24.6.10.

Karena bertahap, boleh jadi tidak semua pengguna sudah kebagian tampilan baru WhatsApp. Pasalnya, beberapa aplikasi WA tim KompasTekno juga belum kebagian tampilan baru.

Meski sudah cukup lama bergulir, pengguna di Indonesia tampaknya baru menerima pembaruan aplikasi WhatsApp yang membawa tampilan terbaru itu belakangan ini.

Di media sosial seperti X (dahulu Twitter), banyak pengguna yang melaporkan sudah dapat tampilan WhatsApp terbaru seperti gambar di atas. Tak sedikit di antaranya yang mengaku tak suka dengan tampilan WhatsApp terbaru ini.

Bahkan, ada beberapa pengguna yang ingin kembali ke tampilan WhatsApp versi sebelumnya. Namun, apakah ada cara untuk mengembalikan tampilan WhatsApp ke versi sebelumnya?

Tampilan WhatsApp bisa dikembalikan semula?
Secara teknis, aplikasi yang sudah diperbarui tidak dapat dikembalikan ke versi yang lebih lama. Pengguna juga tidak dapat memilih untuk mengunduh aplikasi versi lama di toko aplikasi resmi.

Jadi, suka tidak suka, tampilan WhatsApp terbaru di HP Android harus diterima pengguna, apabila telah melakukan pembaruan aplikasi. Sayangnya, tidak ada cara untuk mengembalikan tampilan WhatsApp seperti semula di versi lama.

Pengguna juga tidak dapat mengunduh dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp dengan versi yang lebih lama melalui toko aplikasi resmi, untuk memperoleh tampilan WhatsApp versi lama.

Meski tak bisa dikembalikan semula seperti di versi lama, pengguna sejatinya bisa membuat agar tampilan WhatsApp tidak berubah.

Cara agar tampilan WhatsApp tidak berubah
Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk membuat tampilan WhatsApp tidak berubah seperti sedia kala adalah dengan tidak memperbarui versi aplikasi WhatsApp. Pengguna bisa mematikan fitur update aplikasi otomatis di HP Android.

Untuk mematikan fitur update aplikasi otomatis, caranya bisa berbeda-beda di tiap HP Android. Misal, jika di HP Android Xiaomi, pengguna bisa membuka menu pengaturan dan klik menu "Pembaruan apl sistem".

Kemudian, di menu itu, pilih ikon titik tiga dan klik opsi "Setelan". Setelah itu, klik opsi "Pembaruan otomatis" dan pilih "Jangan perbarui", sehingga sistem ponsel tidak akan lagi memperbarui semua aplikasi terinstal secara otomatis, termasuk aplikasi WhatsApp.

Dengan tidak diperbarui, aplikasi WhatsApp tidak akan menerima pembaruan yang membuat tampilannya tetap seperti sedia kala, tidak berubah.

Perlu diketahui bahwa cara ini tidak akan menghentikan pembaruan WhatsApp secara permanen.

Cara ini hanya menunda untuk tidak memperbarui aplikasi WhatsApp. Lambat laun pengguna tetap harus memperbarui versi aplikasi WhatsApp supaya bisa mendapatkan perbaikan masalah dan peningkatan keamanan. **
T#gs
Berita Terkait
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments