Selasa, 16 Jul 2024
  • Home
  • Serbaserbi
  • Mode Pesawat? Bagaimana Wifi Pesawat Tetap Terkoneksi Internet Saat di Udara?

Mode Pesawat? Bagaimana Wifi Pesawat Tetap Terkoneksi Internet Saat di Udara?

Administrator Minggu, 17 Maret 2024 06:38 WIB

TEKNO, - Semua orang butuh kini butuh internet, di mana pun dan kapan pun, termasuk saat bepergian naik pesawat. Beberapa penerbangan memang menyediakan fasilitas wifi, sehingga penumpang tetap bisa internetan di udara.

Lalu, bagaimana wifi pesawat tetap bisa terkoneksi dengan internet? Padaha, sinyal internet akan hilang saat pesawat berada di udara.

Dilansir dari CNN Travel, Jumat (15/03/2024), General Manager dan Vice President Commercial Aviation di Viasat, Don Buchman mengatakan, terdapat antena di atas pesawat yang langsung terkoneksi dengan satelit.

Hal ini memungkinkan pesawat yang dilengkapi dengan Wi-Fi Viasat menerima sinyal dari satelit yang berjarak lebih dari 35.405 kilometer di atas Bumi sepanjang khatulistiwa.

Dengan kata lain, teknologi ini memungkinkan koneksi internet di pesawat dengan kecepatan tinggi melalui pemanfaatan satelit yang tersebar di orbit geostasioner.

Menurut Don Buchman, kecepatan internetnya bisa mencapai lebih dari 100 MB per detik di pesawat. Namun penumpang biasanya bisa menikmati sekitar 20-40 MB per detik. 

Itu sudah cukup bagi semua penumpang di pesawat untuk menonton Netflix secara individu, kata Buchman.

Ia melanjutkan. perusahaan yang menyediakan Wi-Fi satelit harus siap beroperasi pada tingkat tersebut.

Antena untuk Wi-Fi di pesawat tidak mengganggu komunikasi penting pesawat, Buchman mengatakan teknologi ini melalui "sertifikasi yang ketat dan berkelanjutan."

Antena hanya digunakan untuk Wi-Fi, dan biasanya ditempatkan dalam apa yang dikenal sebagai ray dome di bagian atas pesawat.

Pilot juga dapat menggunakan Wi-Fi untuk komunikasi non-keselamatan dan pembaruan cuaca, tetapi memiliki sistem yang benar-benar berbeda untuk komunikasi penting.

Dan meskipun Wi-Fi di pesawat dirasakan sebagai hal biasa saat ini, Buchman mengatakan bahwa produk ini sudah ada sejak sekitar 20 tahun terakhir. **

T#gs
Berita Terkait
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments