Jumat, 18 Okt 2019
  • Home
  • antaranusa
  • Negara-negara yang Jarang Diketahui Ini Pakai Mobil Buatan Indonesia

Negara-negara yang Jarang Diketahui Ini Pakai Mobil Buatan Indonesia

Jumat, 20 September 2019 14:07 WIB

LUARNEGERI, -  Ekspor kendaraan buatan Indonesia pada Juli 2019, menunjukkan kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Jika pada Juni jumlah yang dikapalkan secara utuh mencapai 18.658 unit, maka di bulan selanjutnya naik 69,6 persen menjadi 31.638 unit.

Bahkan, ekspor kendaraan pada periode Januari hingga Juli tahun ini angkanya naik 100 persen dari periode yang sama di 2018. Ini menunjukkan, bahwa kualitas dan standar industri otomotif nasional sudah diakui oleh banyak negara.

Bicara soal merek, PT Astra Daihatsu Motor masih menjadi eksportir kendaraan paling banyak. Selama tujuh bulan di 2019, mereka sudah mengapalkan 66.813 unit ke berbagai negara. Disusul oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, yang mencatat angka ekspor 49.207 unit.

Mitsubishi ada di urutan tiga, dengan total angka 28.692 unit, lalu diikuti oleh Suzuki sebanyak 17.591 unit. Jika dilihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, dikutip Kamis 19 September 2019, kenaikan Mitsubishi yang paling banyak, yakni 529 persen.

Produk kendaraan bermotor roda empat yang dikirim ke luar negeri, jenisnya bermacam-macam. Mulai dari multi purpose vehicle, hingga sport utility vehicle. Contohnya, Toyota Avanza, Toyota Rush, Toyota Fortuner, Suzuki APV, Suzuki Ertiga, dan Mitsubishi Xpander.

Uniknya, ada beberapa negara tujuan ekspor yang jarang disebut di berbagai media, baik cetak maupun online. Negara-negara tersebut umumnya tidak besar, dan letaknya jauh dari lima benua. Penasaran? Berikut beberapa negara yang jadi tujuan ekspor produk otomotif Indonesia, namun jarang dikenal:

Toyota Fortuner

Antigua, Karibia

Guyana, Amerika Selatan

Saint Lucia, Karibia

Toyota Avanza

Vanuatu, Samudera Pasifik

Saint Vincent, Amerika Utara

Toyota Rush

Tanjung Verde, Samudera Atantik

Antigua, Karibia

Saint Kitts, Karibia

Seychelles, Samudera Hindia

Curacao, Karibia

Saint Martin, Karibia

Saint Lucia, Karibia

Belize, Amerika Tengah. (vva/*).
T#gs
Berita Terkait
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments