Senin, 06 Apr 2020
  • Home
  • antaranusa
  • 10 Perusahaan Raksasa Ini Ternyata Berawal dari Garasi Rumah!

10 Perusahaan Raksasa Ini Ternyata Berawal dari Garasi Rumah!

Kamis, 12 Maret 2020 14:23 WIB

DUNIA, - Mendirikan usaha memang tidak mudah, apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki modal besar. Alhasil harus dimulai dari nol termasuk tempat usahanya. Cukup mengejutkan ketika banyak perusahaan multinasional terbesar memulai bisnisnya dari garasi rumahan.

Perusahaan apa saja, sih? Berikut ulasannya!

1. Apple

Apple didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak yang merakit komputer pertama mereka di garasi keluarga Jobs.

Komputer rakitan mereka kemudian dijual dan ternyata laris. Tahun 2017, Apple menjadi salah satu perusahaan IT terbesar di dunia dan produknya kini tak hanya perangkat komputer, tapi juga ponsel iPhone, iPod, dan iPad.

2. Mattel

Perusahaan pembuat boneka Barbie, Mattel, didirikan pada tahun 1945. Pendiri Mattel sendiri menggunakan garasi rumahnya untuk merancang dan membuat boneka-boneka Barbie.

Home industri yang sederhana ini pun terus berkembang hingga kini menjadi salah satu perusahaan besar dunia di bidang mainan.

3. Amazon

Pada awal era Internet pada tahun 1994, Jeff Bezos mendirikan toko buku online-nya sendiri. Pada saat itu, kantor utama di garasinya dan sebuah pintu tua berfungsi sebagai mejanya.

Kni, Amazon adalah pengecer online terbesar di dunia. Pendirinya, Jeff Bezos, juga memiliki perusahaan penerbangan luar angkasa yang didanai secara pribadi dan perusahaan jasa luar angkasa bernama Blue Origin.

4. Disney

Roy dan Walt Disney merekam film animasi pertama mereka di garasi mobil paman mereka. Saat ini, The Walt Disney Company adalah konglomerat media terlaris di dunia yang memproduksi film dan memiliki taman hiburan dan saluran TV.

5. Yankee Candle

Perusahaan lilin aromatik terkenal di dunia, Yankee Candle berawal dari seorang anak lelaki berusia 14 tahun yang bernama Michael Kittredge saat ia membuat lilin aromatik pertamanya. Lilin tersebut terbuat dari krayon yang meleleh sebagai hadiah untuk orang tuanya.

Para tetangga pun memperhatikan dan menyatakan untuk membeli lilin buatan tangannya. Saat ini, Perusahaan Lilin Yankee menjual lilin beraroma dan suvenir lainnya di lebih dari 50 negara di seluruh dunia. Toko Lilin Yankee pertama telah diubah menjadi museum mini.

6. Google

Google saat ini dikenal sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia. Awal dari Google ternyata sangat dimulai dari sebuah garasi di belakang rumah.

Google didirikan oleh dua orang mahasiswa Universitas Stanford yang melakukan eksperimen dan menciptakan alat-alat dan software terkait dengan internet di garasi tersebut. Dari situlah Google tercipta.

7. Nike

Nike, merk sepatu yang terkenal secara internasional, didirikan pada tahun 1971 di sebuah garasi rumah. Nike kini menjadi salah satu perusahaan besar dunia dan merupakan usaha bernilai jutaan dolar.

8. Harley-Davidson

William S. Harley dan teman masa kecilnya Arthur Davidson biasa melakukan eksperimen dengan sepeda mereka di gudang kayu. Sedikit dari mereka yang tahu bahwa produk masa depan mereka akan menjadi sepeda motor paling ikonik di dunia.

Kini, merk moge paling populer dengan harga yang fantastis tentu saja Harley-Davidson.

9. Microsoft

Bill Gates saat ini terkenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Kekayaannya datang dari perusahaan yang didirikannya yaitu Microsoft.

Perusahaan IT ini dimulai di garasi rumah Bill Gates dan dikelola oleh Bill Gates, Paul Allen sang co-founder, dan tiga orang karyawan mereka.

10. Hewlett-Packard (HP)

Perusahaan perangkat komputer yang terkenal dengan nama HP ini pertama kali dirancang sebagai produsen jenis peralatan pengukur di garasi Packard dengan investasi awal sebesar USD 538.

Perusahaan ini dimulai di garasi milik keluarga Packard di tahun 1939. Kedua pendiri perusahaan ini, David Packard dan Bill Hewlett, menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari di dalam garasi untuk mendesain dan merancang alat-alat listrik dan teknologi. (*)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments