Minggu, 25 Agu 2019
  • Home
  • antaranusa
  • Tahun ini Bursa Inovasi Desa di Gelar di Empat Cluster

Tahun ini Bursa Inovasi Desa di Gelar di Empat Cluster

Selasa, 06 Agustus 2019 07:32 WIB

BENGKALIS - Pada tahun 2019 ini, Bursa Inovasi Desa (BID) dilaksanakan di empat cluster, yakni Cluster Gerbang Utama, Cluster Gerbang Laksamana, Cluster Gerbang Pesisir Dan Cluster Gerbang Permata.

Secara rinci Bupati Bengkalis memaparkan, Cluster Gerbang Utama untuk Kecamatan Bengkalis dan Bantan, Cluster Gerbang Laksamana untuk Kecamatan Siak Kecil, Bukit Batu dan Bandar Laksamana.

Cluster Gerbang Pesisir untuk Kecamatan Rupat dan Rupat Utara, sedangkan Cluster Gerbang Permata untuk Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Muandau.

Demikian kata Bupati Bengkalis dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda H Bustami HY saat membuka kegiatan BID Cluster I Gerbang Utama untuk Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bantan, di Aula lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Senin, 5 Agustus 2019.Bupati menjelaskan, Bursa Inovasi Desa membidik tiga isu besar, yakni infrastruktur, kewirausahaan, dan sumber daya manusia.

"Kami harapkan ini menjadi  pemicu untuk mendorong daya kreasi dan inovasi bagi para pemangku kepentingan desa yang didukung oleh BPD dan unsur lainnya. Sehingga dana desa dapat dimanfaatkan secara inovatif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa," ungkapnya.

Ia menegaskan Kepala Desa bersama para pemangku kepentingan di desa harus memiliki sikap cermat dan jeli dalam melihat potensi desa.

"Dari potensi desa tersebut selanjutnya dilakukan langkah kreatif dan inovatif sehingga akan memiliki nilai ekonomi produktif bagi masyarakat desa itu sendiri," jelasnya.

Ia juga meminta Kepala Desa dan unsur terkait agar manfaatkan dana desa untuk menjadi daya ungkit peningkatan ekonomi masyarakat.

Semua stakeholder, sambungnya, termasuk pemuda hendaknya kembali ke desa, membangun desa, sehingga desa memiliki daya tarik tersendiri, menekan tingkat kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Inf/rul).
T#gs
Berita Terkait
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments