Minggu, 03 Des 2023
  • Home
  • otonomi
  • Gebrakan Bupati Afrizal Sintong, Bupati Minta Pembangunan Akses ke Wilayah Pesisir Rohil dan Batas Kabupaten Diprioritaskan

Gebrakan Bupati Afrizal Sintong, Bupati Minta Pembangunan Akses ke Wilayah Pesisir Rohil dan Batas Kabupaten Diprioritaskan

Administrator Minggu, 09 April 2023 08:59 WIB

ROHIL, -  Bupati  Rokan Hilir (Rohil) Afrizal  Sintong menghadiri   Musyawarah  Rencana Pembangunan  (Musrenbang)   Rencana Kerja Perangkat  Daerah (RKPD) Provinsi Riau Tahun 2024 yang dilaksanakan   di Gedung Daerah Balai Serindit.

Dalam Musrenbang   RKPD Provinsi  Riau Tahun 2024  yang dibuka   oleh Gubernur Riau Syamsuar, Bupati  Rokan Hilir Afrizal Sintong  menyampaikan   beberapa  usulan sekaligus  catatan  yang perlu untuk ditindaklanjuti    dan menjadi  prioritas pembahasan  khususnya  terkait  daya dukung  program  pembangunan   di 2024 untuk wilayah  Rokan Hilir.

Afrizal  pun berharap,  momen  Musrenbang RKPD ini bisa menjadi  salah satu tahapan yang diharapkan  bisa merealisasikan progam pembangunan   secara sinergi antara  Pemprov  Riau maupun  Pemkab Rokan Hilir.

Bupati  Rohil Afrizal  menjelaskan,  hingga saat ini, masih  banyak wilayah  di daerahnya   yang belum tersentuh  oleh

pembangunan terutama  di bidang infrastruktur  jalan sebagai salah satu penggerak roda ekonomi  masyarakat.

Kondisi ini, dijelaskan  dia, sangat mudah ditemui  di wilayah pesisir Rokan Hilir, maupun di daerah perbatasan antar kabupaten yang menyebabkan  lambatnya laju pembangunan  di kawasan tersebut.

"Seperti Jalan lintas pesisir menuju Kecamatan Kubu dan Pasir Limau Kapas, sampai saat ini masih jadi keluhan bagi masyarakat  kami. Begitu juga dengan jalan lintas di Kecamatan Tanjung Medan hingga wilayah perbatasan Rokan Hulu . Kami harap ini bisa menjadi prioritas untuk diselesaikan  pada 2024 rnendatanq,' terang Bupati.

akses jalan tersebut  yang menjadi tanggung  jawab  pemerintah  Provinsi karena menghubungkan   antar dua kabupaten.

Karena itulah, sebut Afrizal,  momen Musrenbang  RKPD ini menjadi  sangat strategis  dalam  upaya memberi  masukan, dan gambaran  tentang  kondisi  yang terjadi di wilayah-wilayah    yang minim tersentuh kegiatan  pembangunan.

Oleh sebab itulah,  Bupati  Rohil Afrizal berharap  berbagai  macam  usulan pembangunan  yang diusulkan  oleh pemerintah  daerah kabupaten  Rokan Hilir melalui  Musrenbang  RKPD 2024 ini dapat direalisasikan   oleh Pemerintah  Provinsi Riau dan Pemerintah  Pusat.

dilaksanakanndi Balai Serindit,  Gedung Daerah Provinsi  Riau ltu, mengusung  tema pembangunan 2024 yakni  Mewujudkan Riau Berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat   dan Unggul di Indonesia.

Pada kesempatan  ltu, saat membuka acara, Gubri Syamsuar  menjelaskan, dalam  mewujudkan   Riau berdaya saing berbagai  program dan kebijakan  melalui kesejahteraan  dalam  bidang  pendidikan, kesehatan,  kemiskinan,  pengangguran  dan ketenagakerjaan.   Lalu pelayanan  publik dalam  bentuk  good government  dan daya saing daerah yang kompetitif   yaitu pengembangan   sektor  industri,  pertanian, perdagangan,  dan pariwisata.

"Berbaqai  sektor  akan terus  kita tingkatkan   di Provinsi  Riau dan perlu dukungan  dari semua  pihak agar setiap program dan kebijakan  berjalan  dengan lancar sesuai  dengan Visi dan Misi Provinsi Riau," ungkap  Syamsuar.

Bupati  Rokan Hilir (Rohil) Afrizal  Sintong SIP yang akrab dipanggil  Epi Sintong menekankan  kepada seluruh  Organisasi Perangkat  Oaerah (OPO) bahwa keberhasilan  perencanaan  pembangunan harus serius jalankan tiga hal, demikian diungkapkan   Bupati saat dikonfirmasi   awak Media  berkaitan dengan  pembangunan  yang telah dilaksanakan   dan yang akan dilakukan Bupati  kedepannya.

Bupati  menerangkan  bahwa, tiga  hal yang dimaksud  pertama  yaitu  perencanaan harus bisa dieksekusi.   Kedua memiliki dampak dalam  pencapaian  pembangunan yang lebih baik dan ketiga yaitu  harus memiliki  dukungan  yang kuat dari masyarakat.

"Dari ketiga  hal tersebut  merupakan  dasar dari titik  strategis  agar seluruh  kebijakan yang susun  dapat dikomunikasikan

dengan baik dan memberikan   nilai positif bagi perbaikan  kualitas  perencanaan

Bupati menerangkan  bahwa, kondisi perekonomian  global, nasional, regional hingga daerah yang saat ini mengalami guncangan memberikan  dampak yang cukup luas bagi percepatan pembangunan daerah.

Oleh sebab itu, Bupati Rohil mengajak kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Rohil agar dapat lebih fokus dalam perbaikan kinerja dengan mengoptimalkan   kapasitas fiskal  daerah dalam program, kegiatan dan sub kegiatan yang efektif,  efisien dan ekonomis.

Dimana katanya, hal tersebut  bertujuan untuk menuju pada pencapaian kinerja pembangunan  daerah, menyusun desain perencanaan dengan tidak hanya

bertumpu  pada kekuatan APBD, namun harus dapat menangkap peluang sumber≠ sumber pembiayaan lain yang mendukung pencapaian kinerja pembangunan  daerah.

"Salah satunya dengan memanfaatkan sumber lain seperti dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang setiap tahun mengalami  peningkatan  cukup slqnlflkan,' paparnya.

Diantara DAK fisik yang mengalami peningkatan  sebut Bupati, seperti bidang Pendidikan yang mana pada tahun awal kepemimpinan  dirinya mendapat porsi sebesar Rp 11 Milyar pada tahun 2022 dan pada tahun 2023 meningkat  menjadi Rp 40 Milyar lebih.

"Selain itu, kita juga harus meningkatkan kualitas  perencanaan pada level perangkat  daerah dengan  memperkuat data-data   yang aktual  dan valid serta anal isis yang tajam  dengan mengoptimalkan   tenaga  akademisi  dan para ahll,' terangnya.

Sehingga, Bupati  meminta  kepada seluruh kepala OPD wajib  memahami  target kinerja  pembangunan  daerah, dan dapat mendesainnya ke dalam  Renstra Perangkat  Daerah secara teknis  dan konkrit  serta  mengkomunikasikannya dengan seluruh  stakeholders melalui Forum Perangkat  Daerah penyusunan Renstra Perangkat  Daerah dan setelah  itu rancangan  awal RPJMD disepakati dengan DPRD dan Pemerintah  Provinsi  Riau.

Bahkan, Bupati  menekankan  kepada seluruh  OPD agar jangan  bermain-   main dan meminta  agar meningkatkan   kinerja.

"Jika tidak bagus kinerjanya tentunya saya akan mencari pejabat lain yang lebih berkompeten  dan berkualitas.  Jangan sampai OPD hanya berpangku tanqan,' pungkasnya.  (*)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments